Senin, 29 Mei 2017

PENTINGNYA AGAMA DARI SEGALA URUSAN DUNIA

PENTINGNYA AGAMA DARI SEGALA URUSAN DUNIA
Jadikan gambar sebarisAl Habib Abdullah bin Alwi al Haddad dalam Kitabnya, ad Dakwah at Tammah, menganjurkan ulama untuk menjauhkan umat dari fatwa atau pendapat yang akan membuat mereka menyepelekan agama. Berikut intisarinya:
Ulama yang bertakwa jika berbicara kepada umat di hadapan umum atau jika dimintai fatwa oleh orang awam dalam suatu perkara, mereka tidak akan menyebutkan pendapat-pendapat yang ringan saja, tidak pula menyebutkan perbedaan pendapat ulama yang dapat memberikan persangkaan kepada mereka adanya keringanan dalam masalah itu. Mereka akan menyebutkan pendapat yang paling hati-hati dalam agama, dan menjauhkan mereka dari urusan syubhat. Mereka mengatakan, "Kami mempersempit mereka (dengan menyebutkan pendapat yang paling hati-hati), dan mereka yang akan melapangkannya bagi diri mereka sendiri."
Ini karena keadaan umum umat adalah lalai dan mengikuti syahwat serta mementingkan dunia. Jika engkau menyebutkan pendapat yang paling ringan dan menyebutkan keringanan-keringanan bagi mereka, maka mereka akan melakukan itu dengan ceroboh dan tidak sempurna sehingga terjerumus pada yang haram. Dalam hadits dikatakan:
وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الْحَرَامِ كَالرَّاعِي يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيهِ
Siapa yang jatuh kepada yang syubhat maka ia akan jatuh pada yang haram. Seperti penggembala yang menggembala di dekat tanah larangam, suatu saat gembalaannya akan melewatinya. (HR Bukhari Muslim)
Wallahu A'laam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar