Jumat, 23 September 2016

BELAJAR MENJADI SUAMI BIJAK


BELAJAR MENJADI SUAMI BIJAK
Ketahuilah bahwa istri kita bukanlah malaikat, dan tidak akan pernah berubah menjadi malaikat.| Kalau kita menyadari akan
hal ini, Maka Persiapkanlah diri kita untuk menerima kesalahan dan kekeliruannya, Serta berusaha untuk lebih tegar akan prilakunya.
Bersabarlah dalam mendidiknya, Karena ketika engkau menikahinya, Berarti Allah sang Pencipta telah mempercayakan dirimu untuk mengemban amanah untuk membimbingnya.

Karena berbuat salah sudah menjadi tabiat manusia. Kita bisa mengambil sikap bijak untuk menanggulangi kesalahan-kesalahan tersebut. Bukan dengan mengikuti kesalahan-kesalahan istri, tetapi bisa melalui dua hal:

Pertama, Menasehati Istri dengan cara yang baik apabila terbukti jelas ia berbuat kesalahan dalam kehidupan rumah tangga.

Kedua, tidak mencela dan mencemoohnya bila ia berulang kali melakukan kesalahan yang sulit dihindari tabiatnya, dan ini pasti ada dalam kehidupan berumah tangga, akan tetapi bantulah dia untuk memperbaiki diri dan meninggalkan kesalahan tersebut. Allah subhaanahu wa ta'aala berfirman,

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

"Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (QS. An-Nisaa': 19)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar